Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Fokus

Oleh | Publikasi: November 20, 2009 6:10 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah lup atau kaca pembesar. Untuk apa? Tidak untuk apa-apa, hanya sekedar ingin bernostalgia saja. Waktu SD dulu, saya senang bermain-main dengan benda yang sering dibawa oleh Sherlock Holmes itu. Yang sering untuk melihat benda-benda kecil (misal: semut, pasir, cacing, dan sebagainya). Jangan tanya alasannya, namanya juga anak kecil, hehehe. Selain itu, saya juga sering menggunakan lup untuk main bakar-bakaran. Tahu kan caranya? Itu tuh, arahkan sinar matahari ke kertas yang akan dibakar melalui kaca lup dan tunggu beberapa saat. Asal tangan tidak bergoyang, dalam hitungan menit sudah pasti si merah akan muncul.

Saya yakin banyak dari teman-teman sekalian yang juga pernah bermain dengan kaca pembesar untuk menghasilkan api dari sinar matahari. Aktivitas ini sebenarnya sebuah contoh sederhana dan nyata bahwa untuk sukses kita perlu untuk fokus. Dalam kasus di atas, kita fokus dalam mengarahkan sinar matahari ke kertas agar selalu berada di satu titik sehingga kertas lebih cepat terbakar.

Dalam bisnis internet sendiri, fokus mutlak diperlukan. Namun di sini, saya hanya akan menggarisbawahi dua hal, yaitu fokus dalam mempelajari satu bidang bisnis internet dan fokus dalam ‘jabatan’ Anda sebagai pebisnis internet.

Mari kita bahas satu persatu.

Pada presentasi bisnis internet yang pernah saya publikasikan, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa bisnis internet itu banyak macamnya. Jangankan bisnis internet secara umum, monetisasi blog yang merupakan salah satu cabang dari bisnis internet saja masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian (baca ebook 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog). Artinya, Anda punya banyak sekali alternatif cara untuk menghasilkan uang dari internet.

Ini yang kemudian menjadi perangkap bagi sebagian besar pemain di bisnis online. Banyaknya peluang yang ada membuat mereka ingin mencoba semuanya DALAM SATU WAKTU. Harapannya, jika lima cara dicoba, paling tidak ada satu cara yang gol. Kenyataannya sih, biasanya justru kebobolan alias tidak ada satu pun yang tembus dan menghasilkan, hehehe.

Perlu dipahami bahwa masing-masing bisnis internet, apa pun itu, memiliki karakteristik tersendiri yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Artinya, untuk menguasai masing-masing bisnis internet tersebut, diperlukan teknik dan cara pendekatan yang berbeda-beda. Artinya lagi, tidak ada satu pebisnis internet pun yang bisa menguasai SEMUA jenis bisnis internet yang ada secara bersamaan.

Itu sebabnya diperlukan fokus dalam menguasai masing-masing jenis bisnis internet yang ada. Pilih salah satu cabang bisnis internet yang sekiranya paling sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang kita miliki, kemudian fokuskan tenaga dan pikiran Anda alam mempelajari dan mempraktekkan bisnis internet tersebut. Sampai kapan? Sampai Anda berada di posisi benar-benar sukses atau benar-benar gagal. Untuk mengetahui kapan Anda berada pada situasi tersebut, coba baca The Dip karangan Seth Godin. Yang versi asli kalau bisa, jangan yang terjemahan.

Dan jangan khawatir karena Anda tidak sendiri. Saya juga melakukan segalanya satu persatu. Jangan dikira saya paham dan menguasai semua bisnis internet yang ada karena saya bukan robot. Untuk saat ini misalnya, saya sedang mempelajari tehnik copywriting supaya bisa menulis iklan dan sales letter yang setidaknya lebih baik dari yang bisa saya buat saat ini… yang terus terang saja, benar-benar parah hasilnya, hehehe.

Selain fokus dalam menekuni satu cabang bisnis internet, Anda juga harus fokus pada tujuan Anda. Yaitu menjadi seorang pebisnis internet yang sukses. Penekanan di sini saya berikan pada kata ‘pebisnis’. Kenapa? Karena tidak sedikit yang mengaku sudah menjadi pebisnis internet sukses namun cara kerjanya masih tidak jauh beda dengan yang kecanduan game online. Siang malam di depan komputer, ketak ketik artikel buat blog, komen sana sini cari backlink, dan sebagainya.

Salahkah hal itu? Memang tidak, namun itu bukanlah cara kerja seorang pebisnis.

Bisnis adalah tentang sistem. Sebuah bisnis yang sukses pasti memiliki sistem kerja yang baik. Dan jika Anda memang ingin menjadi seorang pebisnis internet, fokuslah pada ‘pencarian’ sistem yang efektif dan efisien untuk bisnis internet yang sedang Anda kerjakan. Tekuni bisnis internet pilihan Anda dengan 100% dan jika sudah berhasil, segera cari cara untuk mengubah apa yang Anda kerjakan menjadi sebuah sistem yang efektif dan efisien. Inilah yang membedakan kerja seorang pebisnis internet sejati dengan seorang pebisnis internet abal-abal :)

Bagaimana dengan skill teknis yang pernah saya tulis untuk sebaiknya dikuasai? Bukankah kata Pak Edy mengerjakan hal-hal teknis juga bukanlah ciri seorang pebisnis internet yang benar? Memang iya. Saya juga tidak mengatakan Anda harus menguasai dan terus-terusan melakukannya kok :) Skill-skill tersebut perlu Anda kuasai karena (a) satu-satunya cara untuk memastikan bahwa sistem Anda sudah baik dan benar adalah dengan memiliki penguasaan terhadap hal-hal teknis yang berhubungan dengan sistem tersebut, dan karena (b) ada kalanya Anda harus melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Coba bayangkan, dalam salah satu langkah sistem yang Anda miliki, Anda melakukan outsource penulisan artikel berbahasa Inggris kepada orang lain. Setelah artikel selesai dibuat, karena Anda tidak terlalu menguasai bahasa Inggris, Anda langsung saja mempublikasikannya. Alhasil, belakangan baru diketahui bahwa ternyata banyak sekali kesalahan dalam artikel tersebut, baik dari sisi grammar maupun isi artikelnya sendiri yang melenceng dari topik yang Anda minta. Parah, kan?

Jadi, jika Anda sudah memutuskan untuk masuk ke dunia bisnis internet dan menjadi seorang pebisnis internet, commit lah pada keputusan Anda tersebut. Jangan hanya menjadi seorang pebisnis internet yang setengah matang, tapi jadilah pebisnis internet yang sesungguhnya, yang melakukan segala sesuatu layaknya sebuah bisnis.

Fokus, fokus, dan fokus.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

61 Responses to “Fokus”

  1. Fokus memang dahsyat. Bagaimana tidak, seperti sinar matahari yang difokuskan bisa membakar benda yang dikenainya. Energi kita terpusat ke satu titik, sehingga akan menghasilan sesuatu yang hebat.

    • sariful says:

      Setuju…. kayak pelajaran ipa….

      kalo member PDC, rumusnya Praktek, praktek dan praktek. setelah itu fokus, fokus fan fokus… :) contek kemana nich bahasa ? hahahaha

      • sering dengar juga,hehe…
        punya videonya lagi,hohoho…

        • “Bisnis adalah tentang sistem. Sebuah bisnis yang sukses pasti memiliki sistem kerja yang bai”k

          Sy suka statement itu mas cosa. Seperti jg yg dikupas kiyosaki di cashflow quadrant. Klo qta masih bergelimang di sistem, dan masih menjadi core system itu, blum bisa dibilang pebisnis sejati. Krn pebisnis membangun sistem, hingga pada akhirnya tanpa campur tangannya pun sistem bekerja sendiri.

          Sy pribadi saat ini sedang trial error membangun sistem promosi otomatis untuk produk2 affiliate. Mudah2an berhasil shg ga perlu lagi repot promosi atau pasang iklan di sana sini. Thanx sharingnya.

      • “fokus” sama gak yah dengan “larut sepenuhnya” ?? :)

    • Domain says:

      Kena lagi deh…

      Tp…menurut Om Cosa, apakah salah satu ciri “fokus” adalah dengan cara resign dr kerja offline menjadi full online?

    • pindar says:

      gak jadi pertamaxx..tp keduaaxx..lmyn pagi2 udah dpt “sarapan” mental dr tulisan om cosa ttg fokus & sistem kerja..kl konsennya jadi affiliate/reseller mending fokus jualan ke satu produk dulu jugakah gan? agak susah menahan diri nih coz banyak program2 menarik yg layak jual di internet, hehe

  2. betul, kita memang harus fokus supaya hasilnya pun fokus.

    saya juga ingin menjadi pebisnis, tetapi saya belum menemukan sistem yang pas agar tugas saya bisa didelegasikan pada orang lain atau sistem tsb.

  3. arul says:

    saya setuju mas.namun untuk fokus tidaklah bgampang,apalagi bagi pemula.harus banyak latihan dan berusaha “tidak tergoda” sama berbagai macam bisnis yang ada diinternet.Bagus lagi jika kita bisa membagi waktu untuk mengatur bisnis yang sedang kita geluti….

  4. singgih says:

    fokus pada satu bisnis terus lanjut k bisnis yg laen gto ya kalo dah sukses ……………..
    Harus Fokus nih ……………..

  5. bayu mukti says:

    wah saya jadi setengah matang nih mas kayaknya :D Hahahaha….tapi gpp lah, daripada ga sama sekali :D

  6. pensiun kaya says:

    kalo mas bayu aja merasa setengah matang, saya apaan ya..:-D

  7. Kang Kabayan says:

    Satu yang terpenting dalam menjalani usaha adalah fokus.. tanpa fokus kita bakalan terbawa angin dan tidak sampai tujuan…

  8. myrelux says:

    fokus pada suatu bidang bisnis internet tidak mudah perlu kreativitas dari pebisnisnya sendiri.

  9. udah jadi muridnya ahira toh mas? kok fokus2 terus.. kapan tidurnya?

  10. Ferry Ariyanto says:

    Fokus + punya mastermind group = ……. ;)

  11. Yeah… Bisnis… bisnis… bisnis… sistem… sistem… sistem… Menarik sekali semua ini…

  12. Saya mungkin termasuk yang coba semuanya mas cosa…tapi ya itu sampe sekarang belum ada yang menghasilkan, mungkin sudah saatnya fokus nih…tapi yang mana dulu yah ?

  13. T. Wahyudi says:

    Fokus… fokus…. Fokus…..

    jadi ingat nasihat buguru…. :D

  14. wah, aq masih trmasuk ‘kayak kecanduan game online’ nih. humm tp gpp ya tetap smangat u menuju ke pebisnis. soale msh byk yg perlu dipelajari.

  15. DianRibut says:

    fokus,f0kus f0kuus. .

  16. elsadra says:

    tulisannya muaaantap kali boz…

  17. kahar says:

    lucu juga terharu…
    makasih mas cos..setidaknya senja ini “fokus” itu jadi
    stimulus terbaik

  18. nandin says:

    gagal pertamaxxxxx lagi !!!! padahal ane spesialis PERTAMAXXX

    karakter orang Indonesia memang sulit untuk bisa FOKUS terutama dalam berbisnis, hal ini bisa dilihat dari para MILIARDER KITA yang lebih suka berbisnis KONGLOMERASI atau MULTIBISNIS seperti Aburizal Bakrie dengan Lapindonya, Esia, stasiun televisi, dll. Beda dengan MILIARDER luar Negeri yang FOKUS pada satu bisnis misalnya Bill Gates dengan MICROSOFTnya

    • Mungkin ingin diversifikasi produk kali om nandin, biar kalau ada masalah nggak kena semuanya :D

      • nandin says:

        ibaratnya menaruh beberapa telur tidak dalam satu keranjang, tapi beberapa keranjang yang lain. agar jika terjadi benturan telur2 yang lain tidak ikut pecah :)

    • nandin says:

      inspirasi Miliarder yang FOKUS

      Michael Dell fokus di Dell Computer
      Bill Gates fokus di Microsoft
      Larry Page dan Sergey Brian fokus di Google
      Mark Zuckerberg fokus di Facebook

      dan yang terakhir…..

      Mas Cosa dengan Cosaaranda.com 😛

  19. Sampai saat ini masih mencoba untuk fokus, susah banget ternyata untuk fokus itu. Banyak godaannya, apalagi kalau udah ngelihat screenshoot earning orang lain, tambah gregetan..

  20. dafa says:

    Oooo.. begicu ya mas, fokus! pantes..

  21. darknight says:

    Artikel yang menarik :) Lagi2 tamparan bwt saya, hahaha… Soalnya saya online kayak kecanduan game online, kerjanya paling seminggu 10 jam, tapi online sehari bisa 8 jam krn ditambah kegiatan2 lain kyk skedar blogwalking, buka forum, cari ilmu baru, ato browsing2 website bwt cari inspirasi situs baru.

    Bisnis memang suatu sistem, tetapi menemukan sistem yang paling pas untuk kita itu sangat sangat susah. Cuma itulah tantangannya sebagai pebisnis, dan itu adalah proses yang menyenangkan :)

  22. Adrie says:

    Setuju..! No focus..no target..no gain…ya tho???

  23. Zabar Yunus says:

    Saya agak susah untuk ttap fokus pada sesuatu, gmn crax ya biar saya tetap fokus??????

  24. 12obin says:

    Setuju, mudah-mudahan mendekati tahun baru bisa lebih fokus, dan lebih fokus mendapat dollar, yah 1 dollar perhari lah :), lama2 100 dollar perhari. Pengin sih tidak didepan komputer, kawin, punya istri cantik, hehehe…

  25. kalau masih proses bisa dikatan gimana om cosa???

  26. Rio says:

    Halo salam kenal semuanya, saya newbie yang baru seminggu punya blog, mohon bimbinganya ^_^
    Artikel diatas sangat membakar mootivasi saya untuk menekuni blogmonetize :D

  27. Analogi yang keren tuh, mas Cosa. Jadi teringat kata bijak ini, entah siapa yang bilang, “Don’t hocus locus, just focus!”. :)

  28. mau fokus apa juga nggak mudah … apa yaa …

  29. FOKUS…hal yang mudah dikatakan tapi sulit dipraktekkan :)

  30. […] Aktivitas ini sebenarnya sebuah contoh sederhana dan nyata bahwa untuk sukses kita perlu untuk fokus. Dalam kasus di atas, kita fokus dalam mengarahkan sinar matahari ke kertas agar selalu berada di […]

  31. wah saya ngga fokus neh mas cosa…
    harus lebih fokusssss………. Fokusssssssss…….
    terima kasih untuk artikelnya…
    harus fokus neh fokus!!

  32. Terkadang Fokus dan Peluang menjadi 2 hal membuat kita bingung yang mana yang diprioritaskan. Tapi kalau menurut saya, meskipun peluang itu gak selamanya ada, tapi itu bukan menjadi keharusan bagi kita untuk mengambil setiap peluang yang ada. Seperti yang mas katakan, harus melihat source yang kita miliki untuk menjadikan peluang menjadi sesuatu yang aktual.

  33. Regan JP says:

    menilik dari contoh lup diatas ternyata dahsyat juga outputnya kalo kita bisa fokus pada satu hal
    btw, thanks infonya.

  34. rivan says:

    seharian fokus di blog site mumet nih om cosa ga dapet fill yang bagus dapatkan income dollar gmn pencerahannya

  35. kia bekasi says:

    lagi cari tempat pasang iklan

  36. Memang akhirnya akan pusing sendiri jika cabang bisnis internet yang dikerjakan begitu banyak … saya pernah mengalaminya dan akhirnya malah terlantarkan gak karu-karuan … perlu fokus satu bidang dulu ajja

  37. hatsu says:

    setuju tentang fokusnya, Mas. dan kayanya kita harus mengenal karakter kita lebih mengarah ke cabang yang mana, baru kita tahu apa yang harus jadi fokus kita. ada orang yang karena belum paham karakter dirinya sendiri lebih cocok ke jenis yang mana, akhirnya semua disambar, malah belakangan jadi setengah-setengah ke semuanya.

  38. ardhie says:

    fokus, berusaha dan berdoa :D

  39. Cewek Seksi says:

    fokus dan fokus… terkadang sulit :)

  40. mampir di postingan blog ‘fokus’ 😛

  41. salam kenal semua warga coosaranda

  42. semoga semakin dan semakin fokus

  43. En Mosaic says:

    hellow all… focusss…

  44. ayo fokusss..
    jgn lari2 ke lain
    walaupun yg lain lebih indah
    wkwkwkwkk

  45. akhbar says:

    info yang bermanfaat

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Fokus": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy